Sabtu, 05 Oktober 2024 WIB

Pemprov Riau Lakukan Serangkaian Upaya Guna Mensukseskan Pilkada Tahun 2024

Administrator - Rabu, 07 Agustus 2024 16:24 WIB
Pemprov Riau Lakukan Serangkaian Upaya Guna Mensukseskan Pilkada Tahun 2024

Potretnegerinews.com, Pekanbaru/Riau -Guna menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menlancarkan serangkaian upaya.

Baca Juga:

Pj Gubernur Riau dalam hal ini diwakili oleh Asisten l Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Zulkifli Syukur mengungkapkan sebelumnya, pihaknya telah terlebih dahulu melakukan sosialisasi terkait peningkatan partisipasi pemilih dan pendidikan politik kepada masyarakat, tokoh pemuda partai politik, pelajar, organisasi perempuan dan ASN di 12 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau.

"Terkait sosialisasi ini, kami telah meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan akademisi untuk menjadi narasumbernya," sebutnya di Menara Lancang Kuning Kantor Gubernur Riau. Rabu, (7/8/2024).

Zulkifli Syukur melaporkan, guna mendukung lancarnya pelaksanaan Pemilukada serentak tahun 2024 ini, Pemprov Riau telah menyalurkan dana hibah kepada beberapa instansi terkait.

Untuk KPU Daerah Riau sendiri, Pemprov Riau telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 133 miliar dan Rp. 31 miliar kepada Bawaslu Riau. Kemudian, terkait pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, Pemprov Riau juga telah mengalokasikan dana hibah kepada Polda Riau dan Korem 031/Wira Bima.

"Untuk Korem sudah dilakukan pencairan sebesar Rp. 11 miliar. Kemudian untuk Polda, pada tahun 2023 telah dilakukan pencairan sebesar Rp. 1,5 miliar dan Rp. 18 miliar pada tahun 2024," terangnya.

Selain itu, untuk memantau isu-isu dan informasi yang tengah berkembang di daerah, Pemprov Riau telah menjalin kerja sama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik disetiap Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

"Pemprov Riau juga telah berdialog dengan partai politik dan mahasiswa di Pekanbaru terkait Pemilukada ini," ujar Asisten I.

Editor: Sigalingging
(Mediacenter Riau/wjh)

SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru