Sabtu, 05 Oktober 2024 WIB

Pj Gubri, Rahman Hadi Terima Audiensi Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau

Administrator - Selasa, 20 Agustus 2024 18:49 WIB
Pj Gubri, Rahman Hadi Terima Audiensi Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau

Potretnegerinews.com, Pekanbaru/Riau -Pj Gubernur Riau (Gubri), Dr Rahman Hadi, M.Si, menerima audiensi dari Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Gubernur Riau, Selasa (20/08/2024) sore.

Baca Juga:

Pertemuan ini membahas rencana forum untuk menggelar acara "Silaturahim Kebangsaan" sebagai upaya menjaga kerukunan di tengah masyarakat. Terutama menjelang Pilkada serentak yang akan datang.

Dikatakan, Ketua FKPMR, Chaidir bahwa kegiatan Silaturahim Kebangsaan akan mengundang tiga narasumber utama dan menghadirkan peserta dari berbagai kalangan pemuka agama lintas etnis. Hal ini dilakukan untuk menciptakan suasana kondusif dan harmonis di tengah masyarakat, sekaligus menepis berbagai isu SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan) yang sempat beredar belakangan ini.

"Setelah ada isu masalah kemarin, Pak. Kita akan membuat forum silaturahim kebangsaan. Itu sebetulnya untuk merespons isu yang berkembang di masyarakat yang dianggap berbau sara. Tujuannya tentu saja kita ingin membuat perdamaian di tengah masyarakat, apalagi kita akan menghadapi pemilihan kepala daerah," sebutnya.

Dijelaskan, melalui kegiatan itu bukan hanya dapat mempererat hubungan antarumat beragama, tetapi juga sebagai langkah preventif untuk menjaga kedamaian menjelang Pilkada serentak. Ia menambahkan, silaturahim kebangsaan merupakan sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-67 Provinsi Riau dan HUT ke-79 Republik Indonesia.

"Untuk pesertanya kita akan mengundang pemuka-pemuka agama lintas etnis beserta anggotanya. Rencananya kemungkinan sekitar 350 orang hadir pada acara silaturahim. Sehingga, kita akan coba kemas kegiatan nanti itu dalam silaturahim kebangsaan. Sekaligus untuk merayakan hari ulang tahun ke-67 Provinsi Riau dan HUT ke-79 Republik Indonesia," ujarnya.

"Acara ini kita kemas dalam bentuk diskusi, yang mana akan ada tiga orang narasumber, membicara tentang kemajemukan serta heterogenitas. Kita harapkan juga, Pak Pj Gubernur bisa dapat hadir memberikan kata sambutan ataupun arahan-arahannya," lanjut Chaidir.

Sementara itu, Pj Gubri, Dr Rahman Hadi, menyambut baik inisiatif dari Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau. Menurutnya, langkah ini merupakan bentuk kolaborasi yang sangat positif antara pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keutuhan bangsa.

"Kami menyambut baik sebuah niatan yang di buat dari forum komunikasi pemuka masyarakat Riau. Jadi kegiatan silaturahim kebangsaan sangatlah bagus dilaksanakan, karena kita bersama-sama harus dapat berkolaborasi untuk membangun daerah," tuturnya.

Pj Gubri juga menegaskan bahwa pemerintah provinsi Riau siap memberikan dukungan penuh untuk suksesnya acara tersebut. Ia berharap agar agenda ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif yang luas bagi masyarakat bumi lancang kuning.

"Terlebih, sebagaimana diamanatkan kepada kami selaku penjabat gubernur, tugas utama selain daripada tata kelola pemerintahan yang menyangkut layanan dan pembangunan. Kami juga bisa dapat menyukseskan tentang Pilkada. Dengan begitu, Pilkada serentak tanggal 27 November mendatang itu bisa terlaksana dengan baik, secara jujur, adil, dan demokratis," ucapnya.

Editor: Sigalingging
(Mediacenter Riau/bib)

SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru